New Bike


Finally got a new bike, Dahon Vitesse D7. Sepeda yg lama, K-Rock (biang Kerok?) rada berat (bodynya, bukan gowesnya) n susah di upgrade. Kemarin mau ngupgrade sprocketnya jadi 11-28/30/32 (yg sekarang 14-32) ribet, harus banyak yang diganti. Harus ganti hub (as) depan belakang, shifter, n rante. total-total 800 ribuan, mungkin 900-1 jt sama ongkos bongkar-pasangnya. Udah ribet n banyak yang musti diganti, ternyata barangnya jarang, khususnya hub-nya.

3  Mei 2011

Setelah hampir seminggu test drive D7 ini ternyata berasa banget bedanya dengan sepeda sebelumnya, terutama posisi badan dan kecepatannya. Kalo biasanya dari rumah-kantor biasa ditempuh dalam waktu 45 menit – 1 jam sekarang bisa 35-45 menit. Masalahnya, keringat jadi tambah banyak, karena bawaannya mau ngebut terus :).

Bedanya dengan sepeda sebelumnya? D7 ini lebih ringan, posisi duduk lebih pas, handgripnya lebih enak, lebih cepat dan banyak lagi. Kelebihan sepeda seelumnya, ada monoshocknya, jadi kalo lewat jalan yang ga mulus lebih enak. Selain itu K-Rock ada alur di stangnya untuk mencegah stangnya miring kalo kita naikin atau turunin stangnya. D7 ini ga ada alur seperti K-Rock, jadi kalo stangnya dinaikin atau diturunin harus hati-hati kalo ga bisa miring stangnya, musti di adjust lagi. gampang sih, tapi sedikit makan waktu.

D7 (dan kayaknya semua dahon) standardnya ada di tengah bukan di ban belakang seperti kebanyakan sepeda. Memang jadinya lebih kokoh, ga gampang jatuh. Tapi agak ribet kalo mau nyetel-nyetel ban atau rante, karena injekannya (namanya apa ya? crank?) ga bisa diputer 360 derajat kalo standardnya dibuka, dia akan nyangkut di standar. jadinya sandard harus ditutup dan sepeda harus kita angkat. kecuali tentu kalo punya standar yang kayak di bengkel2 sepeda.

Tapi terlepas dari kekurangan2 di atas, tetap D7 ini jauh lebih ok dari sepeda gw sebelumnya. Walhasil K-Rock gw nganggur, mungkin dipake anak gw kalo siang.

One thought on “New Bike

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s