Daftar Isi

Kumpulan Artikel Saya

Kumpulan Artikel Saya

Kumpulan Anotasi Putusan

Kumpulan Anotasi Putusan

Kumpulan Ekstrak  Putusan Pidana

Kumpulan Ekstrak Putusan Pidana

Kumpulan Ekstrak Putusan Pidana

Kumpulan Ekstrak Putusan Pidana

Recent Posts

Saat Pertimbangan MA Tidak Nyambung dengan Yang Dipermasalahkan Pemohon Kasasi

Saat melakukan pendataan putusan saya menemukan putusan kasasi yang…agak membingungkan. Kasus ini adalah kasus narkotika dengan putusan kasasi nomor 74 K/Pid.Sus/2016. JPU mendakwa terdakwa dengan dakwaan subsidiaritas (berlapis legit), yaitu menyerahkan narkotika (Pasal 114 UU Narkotika), memiliki narkotika (Pasal 112) atau lebih subsidair mmenyalahgunakan narkotika. Dalam surat tuntutannya JPU menuntut terdakwa terbukti sebagai penyalahguna dan menuntut terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 2 tahun.

Membaca tuntutan tersebut agak takjub, jarang-jarang saya temukan dalam dakwaan yang demikian jaksa menuntut terdakwa terbukti sebagai penyalahguna. Biasanya yang saya temukan kalaupun dakwaannya demikian hampir pasti JPU akan menuntut minimal memiliki narkotika (pasal 112).

Setelah membaca amar putusan tingkat pertama, tambah agak takjub, karena kali ini pengadilan memutus menyatakan terdakwa terbukti karena memiliki narkotika, bukan penyalahguna seperti tuntutan JPU. Pengadilan kemudian menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp. 1 M.

Continue reading
  1. Dapat Tidaknya Pengadilan Menjatuhkan Hukuman Berdasarkan Pasal yang Tidak Didakwa – Fluktuasi Pandangan Hukum Mahkamah Agung Leave a reply
  2. Tentang Peradilan Kasasi di Belanda 1 Reply
  3. Anotasi Putusan Pembunuhan 1148 K/Pid/2015 Leave a reply
  4. Setelah Kebakaran Leave a reply
  5. Omnibus dan Ikan Gabus di Negara Civil Law Leave a reply
  6. Common Sense di Negeri Uncommon Law Leave a reply
  7. Cerita Lama Yang (Sayangnya) Tidak Basi-Basi Leave a reply
  8. Permasalahan Pengaturan Pidana Denda dalam RKUHP 1 Reply
  9. Bikepacking Jakarta – Bali (7) 9 Replies