Bike Lane Ad Hoc di Jl. Sudirman


Di sepanjang Jl. Sudirman saat ini sudah dibangun Bike Lane atau Jalur Sepeda. Horeeee! Sebagai Pegowes yang setiap hari melewati Jl. Sudirman Bike Lane ini cukup membantu. Memang kapan Pemda DKI membangun Bike Lane di Jl. Sudirman, bukan kah sejauh ini baru ada di daerah Jl. Barito-Melawai yang sejauh ini bermanfaat sebagai tempat parkir Bajaj?

Pembangunan Bike Lane di Jl. Sudirman dimulai pada akhir tahun 2011 yang lalu, tepatnya saat dilakukan penggalian gorong-gorong yang sempat mengakibatkan macet yang luar biasa pada saat itu. Setelah proyek penggalian selesai kemudian dibuatlah lubang-lubang air dari besi agar air hujan yang numpang lewat di Jl. Sudirman dapat masuk ke gorong-gorong dengan lebih cepat. Lubang-lubang besi tersebut dipasang di sepanjang Jl. Sudirman, setidaknya dari depan Ratu Plaza hingga Fly Over Karet, dengan jarak sekitar 2 meter antara setiap lubangnya.

Pada awal tahun 2012 ini setelah proyek selesai, bekas proyek tersebut kemudian dilakukan pengaspalan secara asal-asalan. Hal ini mengakibatkan jarak antara besi pada setiap lubang dengan aspal terdapat jarak yang cukup dalam untuk ukuran jalan, yang kemudian menjadikan lubang-lubang besi tersebut seperti Fox Hole. Karena dalamnya lebih tebal dari pada muka Foke maka kita sebutlah lubang-lubang tersebut sebagai Foke’s Hole seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Foke's Hole atau Lubang Foke di sepanjang Jl. Sudirman pada awal tahun 2012

Oleh karena banyaknya keluhan atas Foke’s Hole yang memang sangat membahayakan pengguna jalan tersebut, khususnya pengguna sepeda motor dan mobil, Pemda DKI kemudian mencoba melakukan perbaikan. Dan pada akhir Januari ini perbaikan pun dilakukan, hasilnya cukup bagus, sebagian lubang-lubang tersebut tidak lagi dalam, bahkan di beberapa tempat justru ketinggian, membuat pengendara motor maupun mobil juga tetap malas untuk melewatinya,

Kondisi Lubang Gorong-Gorong di Jl. Sudirman, rapih kan?

dan memilih untuk menghindari daerah tersebut.

Karena banyaknya lubang-lubang seperti pada gambar di samping ini yang ada di Jl. Sudirman akhirnya sisi paling kiri dari Jl. Sudirman tersebut menjadi jarang dilewati oleh baik pengendara motor maupun mobil. Walhasil di jalur tersebut menjadi nyaman saya gunakan untuk bersepeda ke kantor setiap paginya. Inkompentensi dan korupsi memang kadang cukup bermanfaat.

Terima kasih Foke, karena jasa-jasamu yang membiarkan kemacetan semakin parah akhir-akhir ini membuat saya menjadi sehat karena beralih dari sepeda motor ke sepeda lipat, dan juga karena jasa-jasa mu lah di Jl. Sudirman sekarang tersedia Bike Lane Ad Hoc.

Setelah 66 tahun merdeka kita masih belum becus membuat penutup gorong-gorong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s