Penghinaan yang Dilakukan Oleh Suami Terhadap Istri


Putusan MA No. 373 K/Pid/2005 (Andi)

Resume:

Perkara ini menarik karena dalam perkara penghinaan ini pelaku dan korban merupakan suami istri yang baru menikah. Karena tidak mau melayani untuk berhubungan intim, terdakwa menuduh korban yang juga istrinya sudah tidak perawan lagi, walaupun mereka sebelumnya sudah dua kali melakukan hubungan intim. Alasan korban tidak mau melayani permintaan terdakwa tersebut karena merasa sakit. Beberapa hari kemudian terdakwa juga memberitahukan tuduhannya tersebut ke orang lain. Atas perbuatan terdakwa ini korban kemudian tidak terima dan melaporkannya ke polisi.

Dalam perkara ini terdakwa didakwa dengan dakwaan tunggal penghinaan lisan (310 ayat 1 KUHP). Di tingkat pertama pengadilan menyatakan perbuatan terdakwa terbukti dan memvonis terdakwa dengan penjara 6 bulan. Hukuman kemudian dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi. Atas putusan PT tersebut terdakwa kemudian mengajukan kasasi.

Dalam permohonan kasasinya Terdakwa mempermasalahkan putusan judex factie karena kata-kata yang dianggap menghina oleh korban tidak dilakukan didepan umum namun hanya kepada korban secara langsung. Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi dari terdakwa, dengan pertimbangan bahwa tersiarnya kabar kepada umum tidak dapat dibuktikan karena apa yang diucapkan Terdakwa di dalam kamar dan tidak ada ada orang lain yang mendengarnya selain mereka berdua. Atas pertimbangan tersebut MA kemudian membatalkan putusan judex factie dan menyatakan terdakwa tidak terbukti bersalah.

 Catatan:

Yang agak sedikit janggal, mengapa JPU hanya mendakwa dengan dakwaan tunggal, padahal dengan uraian dakwaan seperti yang dirumuskan oleh JPU terdakwa dapat juga didakwa dengan pasal penghinaan ringan (315 KUHP).

Majelis Hakim:

  1. German Hoediarto (Ketua)
  2. Arbijoto
  3. Soedarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s